Nama warung makan yang aneh. Tapi jangan pikir nggak rame, walaupun namanya sangar, garang dan menakutkan warung yang berada di Karanggayam (Jogja) wuih-wuih rame banget apalagi pas jam-jam istirahat/makan siang. Menu sayurnya cuman 3 macem yi lodeh, sop, dan oseng2 tapi lauknya lumayan beragam. Memang awal dulu pas pertama kali aku di Jogja yang melayani masih mbok galaknya langsung tapi sekarang beliaunya dah pensiun, digantiin pegawainya. Inget dulu pas aku mo bungkus es jeruk,
“bungkus es jeruk bu”.

“es jeruk-es jeruk.. yen nembung ki jeruk dibungkusi di wenehi es” jawabnya dengan wajah sangar.

“heh.. ” blaik aneh-aneh. Kayaknya jawabnya waton sangar dan galak setelah keluar lihat papan namanya aku langsung hela nafasku.. pantesan nama warungnya aja “Mbok Galak”.

Ternyata nggak cuman aku aja yang pernah kesemprot gitu, temenku juga. Waktu itu dia makan kesana, dia pake celana pendek. Sesuai dengan maskot warung itu dia dimarahin katanya nggak sopan lah, nggak ngajeni.. wuih dia kaget dan sampe sekarang walhasil dia nggak mau namanya makan di warung itu lagi.

Anda pernah kesana? punya crita juga?? hehe.

Tapi sekarang aman kok pelayannya nggak galak-galak.

Lain dulu lain sekarang

Dulu yang paling membuat pengen balik lagi ke mbok galak yi tempe gorengnya a.k.a mendoan besar, hangat, agak kering dan bumbunya pas dipadukan dengan sayur oseng yang khas.. wes nyampleng tenan. Waktu itu aku inget sekitar tahun 2000-an nasi setengah + sayur oseng + tempe 2 buah dan es teh masih Rp. 1.200,-. Lain dulu lain sekarang walau bumbunya masih sama, tapi tempenya nggak serapi dulu ngirisnya dan digorengnya masih terlalu lembek. Trus untuk harga nasi setengah + sayur oseng + tempe 2 dan es teh sekarang Rp. 3.600,-. Yah namanya dulu bensin aja masih Rp. 1.450,-.

Warung makan mbok galak punya khas di rasa, tempatnya lumayan nyaman, ada koran KR(Kedaulatan Rakyat) yang up to date, cocok untuk selera anak kos. Regenerasi di warung ini sudah beberapa kali saking lamanya aku di Jogja dan lumayan sering makan disini sampe apal..

salam mak nyusss !!